Sebarkan berita ini:

itaSEMARANG [SemarangPedia] – Dalam kunjungan kerja beberapa hari yang lalu di Kota Surabaya, Wakil Wali Kota Semarang menyampaikan kekagumannya selama dua hari berkeliling terutama pada pengelolaan taman kota.

Menurut Wakil Wali Kota Semarang akrab disapa Ita, ada beberapa hal yang bisa dicontoh Kota Surabaya untuk diaplikasikan di Pemerintah Kota Semarang.

“Terlihat di jalan Protokol Kota Surabaya sangat bersih dan terkesan hampir tidak ada sampah, Pedagang Kaki Lima juga tertata dengan baik serta pengelolaan taman yang menjadi prioritas dalam pengangannya,” katanya saat ditemui semarangpedia.com di Gedung DPRD Kota Semarang, Rabu (10/8)

Kendati demikian, Ita menambahkan, dalam menangani rob dan banjir Kota Surabaya dengan menggunakan pola sesek (gedek), dengan biaya yang sangat murah dan bisa mencegah air meluap kerumah warga itu yang nantinya akan kami aplikasikan di Kota Semarang.

“Metode sesek tersebut dijadikan pembatas, yang biasanya memakai pasir kemudian ditambahi tanah, tanah tersebut tidak beli melainkan hasil dari pengerukan sedimentasi di saluran-saluran dan empang-empang di sekitarnya. Teknologi sederhana tetapi bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Ita yang juga di dampingi oleh beberapa anggota Dewan Kota Semarang menuturkan, dalam hal ini yang saya salut dari Kota Surabaya adalah, adanya sinergi antara SKPD terkait, misalnya Dinas Kebersihan, Dinsospora maupun Dinas yang lain bisa berjalan bersama, serta lintas sektoral antar dinas tersebut. Bahkan, tidak saling ego sektoral.

“Begitu juga di Kota Surabaya sudah melakukan optimalisasi pemanfaatan informasi teknologi (IT). Sebenarnya, di Semarang IT-nya sudah bagus, namun perlu adanya sinergi antara SKPD, dan masyarakat. Karena semua itu tanpa didukung oleh masyarakat, hal tersebut tak akan berhasil,” pungkasnya.(AC)

123
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>