Sebarkan berita ini:

14-Panjat PinangSEMARANG[SemarangPedia] – Beragam kegiatan menyambut peringatan hari kemerdekaan RI yang jatuh setiap 17 Agustus semakin semarak digelar di permukiman, perumahan, perkantoran dan   lainnya. Tidak ketinggalan warga Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara ikut menggelar rutin lomba panjat pinang dan berbagai lomba lainnya.

Salah satu yang menarik pada lomba panjat pinang, yang biasanya diikuti orang dewasa, kali ini diikuti oleh puluhan anak-anak kecil.

Meskipun tidak setinggi tiang pinang asli, mereka nampak antusias mengikuti lomba. Berulang kali bocah-bocah itu mencoba naik hingga ke puncak, namun harus jatuh terperosot karena licinnya minyak yang dioleskan di tiang pohon pinag itu. Beragam hadiah digantungkan, mulai minuman ringan, sampai telefon genggam.

Salah satu seorang peserta yang berhasil mencapai puncak, Rizki Adi Saputra merasa senang bisa mendapat hadiah kompor dan menjadi anak pertama yang berhasil memanjat naik sampai ke atas tiang.

“Tadi licin ada olinya. Seneng bisa dapet HP,” ujarya sambil bersorak, Minggu. (14/8/2016).

Selain Rizki, masih banyak anak-anak lain yang bisa membawa pulang hadiah-hadiah tersebut. Selain anak-anak, ada juga panjat pinang bagi orang dewasa dan remaja.

Ketua Panitia, Suharto mengatakan lomba panjat pinang merupakan bagian dari kelanjutan lomba lain yang sudah diadakan sebelumnya.

“Sebelumnya ada lomba balap karung, lomba lainnya juga digelar secara bergantian,”  tuturnya.

Lomba panjang pinang ini, lanjutnya, sengaja diadakan untuk menyambut kemerdekaan HUT Republik Indonesia (RI) yang ke-71. Selain lomba juga sekaligus bertujuan memperingati perjuangan arwah pahlawan yang gugur di masa lampau.

“Supaya keliatan meriah dan juga untuk menghoramti pahlawan kita yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan beberapa tahun lalau,” ujarnya.

Sekitar 40 peserta ikut memeriahkan acara itu, mereka berasal dari RT 7 dan RT 9 RW 1 Kelurahan Bandarharjo. Hadiah-hadiah yang disediakan merupakan swadaya masyarakat. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore hari. (RS)

308
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>