Sebarkan berita ini:

MAGELANG[SemarangPedia]  – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak mau ketinggalan gencar ikut memanfaatkan era digital dengan mengunggah berbagai promosi pembangunan di wilayahnya pada media sosial (medsos), sebagai upaya lebih cepat memperkenalkan kepada masyarakat luas.

Tidak hanya untuk urusan birokrasi, medsos Ganjar dengan jutaan pengikut baik di Twitter, Instagram maupun Facebook ini juga digunakan untuk memasarkan berbagai produk usaha kecil menengah (UKM) termasuk kuliner hasil para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jateng.

Soal kuliner, Ganjar merupakan salah satu penggemar aneka makanan tradisional. Bahkan setiap perjalanan dinas ke luar kota menyempatkan diri mampir di warung-warung kecil untuk menikmati sarapan atau makan siang.

Setiap kesempatan itu, pemembuat video atau ngevlog terkait kuliner juga sering dilakukan yang kemudian diunggah ke akun medsosnya.

Seperti saat perjalanan dinas ke Magelang, Ganjar mampir ke warung Sop Senerek yang ada di Jalan Ikhlas kompleks pertokoan Rejo Mulyo Terminal Lama Magelang, Kamis (1/11).

Di warung Sop Senerek  itu, dia menikmati sarapan Sop Senerek yang menjadi menu andalan, bahkan tak lupa juga vediopun dibuatnya untuk siap dinggah ke medsosnya.

“Saya mampir di warung Sop Senerek Magelang. Disini banyak menu yang enak-enak seperti Sop Senerek, Sop Iga, Sop Buntut dan aneka ramesan. Ada juga makanan lainnya, ini tempe gorengnya tebal-tebal lho,’” ujarnya.

Ganjar memesan menu andalan Sop Senerek tersebut dan sambil bertanya kepada pedagangnya apa saja bahan yang ada dalam Sop Senerek itu.

“Ini ada daging, wortel, bayam, terus ada kacang merahnya. Ternyata kacang merah ini yang disebut Senerek, jadi dinamakan Sop Senerek, karena memang ada kacang merahnya ini,” tuturnya.

Usai menyantap menu yang dihidangkan, Ganjar langsung mengacungkan jempolnya tanda rasa Sop Senerek sangat lezat.

“Ini enak, rasanya segar. Kalau ke Magelang, jangan lupa mampir ke warung Sop Senerek Terminal Lama Magelang ini,” ujarnya.

Sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah 2013 lalu, pria kelahiran Karanganyar, 28 September 1968 itu memang gemar ngevlog untuk memasarkan UKM,  seperti batik, kaos serta makanan khas Jateng. Tak jarang, video-videonya yang diunggah ke medsosnya itu dikomentari ribuan orang yang penasaran untuk merasakan makanan yang dipamerkan Ganjar.

Hal itu tentu membuat para pengusaha UKM di Jawa Tengah ketiban berkah. Mereka mendapat banyak order serta didatangi banyak pembeli usai usahanya diviralkan Ganjar.

“Pak Ganjar sudah beberapa kali mampir ke warung ini, tapi ya gitu kadang mampirnya tidak kabar-kabar dulu jadi rasanya gugup,” tutur Sutriah, pegawai warung Sop Senerek Magelang.

Sutriah menuturkan sudah mengetahui jika Ganjar sering memamerkan makanan hasil masakannya di media sosial. Hal itu tentu berdampak positif bagi para pengusaha kuliner kecil di Jateng. Bahkan sangat senang saat Ganjar ngevlog dan memamerkan Sop Senerek.

“Alhamdulillah, semoga pengunjungnya tambah banyak. Sejak pak Gubernur mampir ke warung, kini menjadi rame dan terkenal. Semoga setelah di unggah di media sosial, semakin banyak pengunjung yang datang,” ujar Sutriah.

Dia mengharapkan Ganjar agar terus semangat untuk memamerkan produk-produk UKM serta kuliner-kuliner khas Jawa Tengah di akun media sosialnya, karena langkah itu sangat efektif membantu para pelaku usaha kecil memasarkan produknya. (RS)

30
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>