Sebarkan berita ini:

Processed with VSCOSemarang [SemarangPedia] – Siapa yang tekan kenal dengan jahe? Ya, salah satu jenis rempah asli Indonesia ini memang paling banyak dicari sebagai bahan racikan obat herbal tradisional maupun olahan kuliner yang menyehatkan. Tepatnya di Kota Lumpia, Semarang terdapat warung wedang rempah asli yang tersohor, patut anda coba.

Warung Wedang Rempah “Mbah Jo” adalah nama warungnya. Kios sederhana yang terletak di Jalan Menteri Supeno No 1, tepatnya di belakang Kantor Gubernur Jawa Tengah,
Semarang ini selalu ramai baik pagi mapun malam dikunjungi pembeli dari berbagai kalangan baik dari anak – anak, remaja, dewasa, pegawai, pejabat, sampai artis.

Seperti nama warungnya, Mbah Jo, bernama asli Tukijo, warga Gergaji Pelem Mugas Sari Semarang ini meracik sendiri wedangnya dengan berbahan utama rempah-rempah di
antaranya jahe merah, kunir, beras kencur dan temulawak. Semua rempah tersebut didapatkan dari daerah Wonogiri.

“ Racikan wedang jahe rempah yang saya buat ini didapat dari mempelajari buku – buku mengenai obat obatan tradisional,” tuturnya.

Penyajian wedangnya cukup menarik dimana Mbah Jo meramu jahe rempahnya secara langsung di tempat. Rempah dari jahe, temu lawak, kunir, kencur di tumbuk sedemikan rupa
kemudian diberi gula batu dan diseduh dengan air panas mendidih. Pemberian gula batu sebagai pemanis jahe sendiri merupakan cara Mbah Jo untuk menjaga keaslian wedang yang dibuatnya.

Processed with VSCO

Selain jahe rempah, warung yang menawarkan minuman tradisional sejak tahun 2002 ini juga meracik wedang uwuh yang berkhasiat meredakan batuk. Tak hanya itu, ada beberapa campuran ramuan jahe lain yang bisa anda nikmati diantaranya campuran, kopi, susu, teh, jeruk nipis dan yang terbaru adalah coklat.

Khasiat minuman tradisional ini memang tidak perlu ditanyakan lagi. Dari, batuk, badan pegal-pegal, perut kembung, masuk angin, meriang, bisa segera hilang setelah meminum jahe olahan Mbah Jo.

Salah satu penikmat jahe, Didit, pegawai swasta ini menuturkan pengalamanya menikmati jahe.

“Awalnya saya diajak teman-teman ke warung wedang Mbah Jo untuk minum jahe pada beberapa kali dan lama kelamaan jadi ketagihan dan cocok karena bisa menghangatkan badan,” imbuhnya

Ia menuturkan hampir semua jenis wedang rempah buatan Mbah Jo suda dicobanya semua. Ia juga menambahkan lebih nikmat meminum segelas jahe di malam harinya. “ Minum wedang jahe lebih nikmat di malam hari, soalnya bisa mengembalikan gairah dan stamina yang sudah terkuras habis saat kerja di siang hari sebelumnya” umgkapnya.

Untuk temen minum jahe, Warung Rempah Mbah Jo yang buka mulai pukul 06:00 pagi hingga 22:00 malam ini, menyediakan aneka macam cemilan dari tempe mendoan, sate keong, sate usus, tahu bacem, tape goreng dan juga pisang rebus atau orang Semarang menyebutnya gedang gobok. Ada juga, nasi lombok ijo, nasi rames telur, nasi kikil, nasi orak arik, yang semua cemilan tadi dibanderol dari Rp 1.000 – 4000 Untuk bisa merasakan segelas wedang rempah Mbah Jo, tidak perlu merogoh kocek besar.

Cukup membayar dengan harga Rp 7.000 segelas wedang rempah siap dinikmati sebagai penambah stamina. Terjangaku bukan?

Bagi penikmat jahe, Mbah Jo juga menyediakan pula racikan jahe kemasan yang bisa anda bawa pulang. Nah jika anda ingin menjaga stamina tubuh, tidak ada salahnya mampir ke warung wedang rempah Mbah Jo, dijamin menyehatkan.(Ari)

1.941
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>