Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Wisata Jawa Tengah cukup banyak yang menarik dan ada yang menampilkan keelokan budaya dan sejarah seperti di Kota Semarang. Ini juga banyak diwakili oleh beberapa bangunan kuno bersejarahnya. Ini dia daftarnya!

Kota Semarang terletak dipesisir Laut Jawa merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah dan salah satu kota besar di Indonesia

Salah satu wisata yang ada di kota ini adalah wisata budaya dan sejarah. Wisata ini diwakili oleh beberapa bangunan yang masuk dalam artikel ini. Ingin tahu berdasarkan yang lansiran hello-pet.com berikut daftarnya

  1. Little Netherland

Little Netherland adalah kawasan Kota Tua di Semarang, semua bangunannya bernuansa Eropa – Belanda mengandung nilai sejarah. Lokasinya dikelilingi kanal, mirip dengan kota yang ada di Belanda.

Pusatnya diwilayah Kota Lama berlokasi di Taman Srigunting. Taman Srigunting dikelilingi dengan bangunan-bangunan bernilai sejarah tinggi seperti Gedung Marba, Gereja Blenduk, dan Gedung Jiwasraya. Yang berda di Jalan Letjen Soeprapto.

  1. Lawang Sewu

Lawang sewu terletak di pusat Kota Semarang. Lokasi tepatnya ada di Jalan Pandanaran dan Pemuda. Lawang Sewu dibangun pada 1904. Gedung ini megah dan bergaya art deco dulunya. Gedung ini bekas kantor jawatan kereta api Pemerintah Kolonial Belanda. Namun gedung ini lebih dikenal dengan sebutan Lawang Sewu. Ini dikarenakan banyaknya jumlah pintu dan juga jendela pada bangunan tiga lantai ini. Lawang Sewu sempat tak terurus. Kemudian tempat ini direstorasi dan dibuka kembali untuk umum pada 2011.

  1. Sam Poo Khong

Kompleks ini berkaitan dengan negeri China. Namanya Sam Poo Khong. Sam Poo Khong berada di sebelah barat daya Kota Semarang.

Bangunan ini didirikan untuk menghormati dan mengenang Sam Po Tay Djien alias Zeng He alias Laksamana Ceng Ho. Sam Po Kong populer juga dengan sebutan Gedung . Sebabnya adalah letaknya yang berada di atas bukit serta karena adanya sebuah gua. Di sini ada sejumlah bangunan dengan gaya khas China. Bangunannya didominasi dengan warna merah dan juga hijau.

  1. Masjid Besar Kauman

Masjid Besar Kauman Semarang berlokasi di Jl alun alun barat no 11 dan Jalan Kauman. Masjid Kauman ialah rangkaian dari perkembangan sejarah pembangunan masjid di Kota Semarang. Kyai Adipati Surohadimenggola II adalah pendiri dari Masjid Besar Kauman Semarang.

  1. Mercusuar Pelabuhan Tanjung Mas

Bangunan mercusuar merupakan salah satu  bangunan bersejarah di Semarang terletak di Pelabuhan Tanjung Mas,. Lokasinya ada di Jl. Coaster, Semarang, Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas. Berdasarkan inskripsi yang ada di atas pintu mercusuar dapat diketahui tahun didirikannya ialah tahun 1884. Namun, tak diketahui siapa perencananya. Meskipun begitu bisa dipastikan bangunan ini erat kaitannya dengan pengembangan pelabuhan oleh Pemerintah Kolonial pada waktu itu.

Nah itulah beberapa wisata budaya dan bangunan sejarah di Semarang Jawa Tengah. (HN/RS)

 

263
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>