Sebarkan berita ini:

SEMARANG [SemarangPedia] – Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang bakal dipercantik dan dilengkapi dengan jematan kaca yang dibangun di atas sungai Kaligarang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan Pemkot  Semarang akan mempercantik kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo, Kecamatan Gajahmungkur dengan membangun jembatan kaca.

“Jembatan kaca akan dibangun setinggi 25 meter, panjang 60 meter, dan lebar 3 meter di atas sungai Kaligarang dengan alokasi anggaran sebesar Rp12 miliar dan akan direalisasikan 2020 ini,” ujarnya.

Menurutnya, proyek tersebut dalam waktu dekat segera dilelangkan dan saat ini Dinas PU masih fokus untuk menyiapkan teknis pra-lelang.

Perencanaan sudah siap, lanjutnya, yang diharapkan kalau sudah jadi jembatan kaca, ini akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Semarang.

Dengan jembatan kaca itu, tutur Sih Rianung, para pengunjung saat melintas jembatan tersebut bisa melihat bawah dengan pemandangan aliran sungai Kaligarang yang indah.

Seperti diketahui, hutan wisata Tinjomoyo Semarang merupakan bekas kebun binatang Tinjomoyo Kota Semarang yang kini telah dipindahkan ke lokasi baru. Potensi wisata alam ini dalam beberapa tahun terakhir mulai dibangkitkan dan dipercantik sebagai obyek wisata unggulan.

Sebelumnya kebun binatang Tinjomoyo merupakan rujukan warga Kota Semarang yang ingin melihat berbagai jenis fauna dan flora dengan suasana hutan yang rindang. Namun pada 2007, seluruh hewan dipindah ke lokasi baru di daerah Mangkang Semarang.

Sedangkan jembatan kaca yang akan dibangun  itu, akan berlokasi di sebelah jembatan merah Hutan Wisata Tinjomoyo.

Bentuk Bangunannya seperti jembatan penghubung dan alasnya adalah sebuah median yang bisa melihat pemandangan sungai Kaligarang di bawahnya.

Di Indonesia ada sejumlah contoh tempat wisata jembatan kaca lainnya, beberapa di antaranya di Pantai Nguluran Yogyakarta, Kampung warna-warni Malang, Burake Tana Toraja dan Caping Park Banyumas.

Jembatan kaca itu menjadi salah satu daftar proyek yang akan dibangun oleh Pemkot  Semarang untuk menunjang sisi pariwisata yang diharakan mampu menyedor kunjungan wisaawan lebih banyak.

19
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>