Sebarkan berita ini:

22-THR Karyawan1SEMARANG[SemarangPedia]- Pekerja dengan masa kerja minimal satu bulan kini berhak mendapatkan THR , menyusul diterbitkan kebijakan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) no 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan.

Kepala Disnakertransduk Jawa Tengah Wika Bintang mengatakan mulai tahun ini pekerja dengan masa kerja minimal satu bulan kini berhak mendapatkan THR sesuai ketentuan dalam Permenaker No 6/2016.

“Dalam peraturan baru di Permenaker no 6/2016 itu, menyebutkan pekerja dengan masa kerja minimal satu bulan kini berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang besarannya dihitung secara proporsional sesuai dengan masa kerja,” ujarnya, di Semarang, Rabu (22/6).

Menurutnya, Disnakertransduk telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang sudah dikirmkan ke seluruh jajaran dinas tenaga kerja, transmigrasi dan kependudukan  (Disnakertransduk)  yang tersebar di 35 Kabupaten/Kota.

“Kami sudah mengirim surat edaran terkait peraturan baru tunjangan hari raya kepada seluruh  disnakertranduk. Selanjutnya, aturan baru itu dikirimkan ke perusahaan perusahaan masing  Kabupaten/Kota di provinsi ini,” tuturnya.

Bagi perusahaan, lanjutnya, yang tidak mematuhi aturan tersebut, pihaknya akan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan sesuai aturan yang berlaku. Sanksi itu bisa berupa sanksi administrasi dan sanksi denda sesuai aturan yang berlaku.

“Sanksi yang akan dijatuhkan bagi perusahaan yang melanggar meliputi administratif dan sanksi denda. Jika perusahaan tetap nekat dan tidak mau membayar THR pekerja, mereka akan menerima sanksi denda,” ujarnya.

Dia menuturkan agar perusahaan di wilayah Jawa Tengah mematuhi peraturan Menteri Tenaga Kerja itu, pihaknya telah mendirikan posko pengaduan di setiap Kabupaten/Kota.

“Posko itu diharapkan bisa menampung aduan pekerja yang tidak menerima THR, sehingga disnakertranduk setempat bisa langsung melakukan tindakan terhadap perusahaan yang bersangkutan ,” tuturnya. (RS)

 

110
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>