Sebarkan berita ini:

22-Sidang1SEMARANG[SemarangPedia] – Sidang gugatan pra peradilan General Manajer PT Pelindo III Tanjung Emas Tri Suhardi dalam dugaan kasus bongkar muat barang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menghadirkan saksi ahli Yuzril Ihza Mahendra yang digelar lagi di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Rabu (22/6).

Yuzril menerangkan batasan dan kewenangan PT Pelindo yang mengelola pelabuhan, sekaligus legal melakukan aktivitas bongkar muat barang. Namun, Pelindo tidak dapat menghalang-halangi perusahaan bongkar muat lain beroperasional di pelabuhan setempat.

“Kalau pelabuhan wewenanganya Pelindo sebagai pelaksana. Kalau bongkar muat adalah perusahaan lain. Meski Pelindo diberikan kewenangan pula melakukan bongkar muat, selain mengelola bongkar muat,” ujarnya.

Menurutnya, dari sisi perizinan pun berbeda, jika aktivitas bongkar muat Badan Usaha Perusahaan (BUP) PT Pelindo harus mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian terkait. Sebaliknya, perusahaan bongkar muat legal beroperasional melakukan bongkar muat di pelabuhan setempat.

Batasan dan kewenangan operasional bongkar muat antara BUP, sebagai anak perusahaan PT Pelindo dengan perusahaan lain tidak bertentangan. Hanya, dalam kasus itu, mantan Menteri Hukum dan Ham itu menilai kasus itu terdapat unsur persaingan bisnis yang tidak sehat, antara Pelindo dengan badan perusahaan lain. Meski begitu, PT Pelindo dilarang memonopoli bongkar muat oleh perusahaan lain.

“Kalau PT Pelindo terbukti melakukan monopoli, bisa digugat itu. Tapi, bukan di sini gugatannya. Jadi, itu dianggap persaingan tidak sehat,” tuturnya.

Dia menganalogikan PT Pelindo diberikan izin mengelola pelabuhan Tanjung Priok. Namun, tidak boleh menghentikan perusahaan lain melakukan bongkar muat di pelabuhan tersebut, lantaran izinya langsung kepada Gubernur DKI Jakarta.

“Pelindo tidak bisa menghentikan perusahaan lain, sebab izinnya berbeda. Sepanjang, perusahaan bongkar muat itu memiliki izin,” ujarnya. (RS)

79
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>